Google+

Explore BOGOR !

June 12, 2016 by irmalida

img_20160612_131839.jpgThere is no one perfect way to be a GOOD MOTHER.
Each situation is UNIQUE.
Each mother has different CHALLENGES, different SKILLS and ABILITIES,
and certainly DIFFERENT CHILDREN.
The choice is DIFFERENT and unique for each mother and EACH FAMILY.
~ Russell Ballard

Tidak terasa sudah masuk tengah tahun, bertepatan dengan bulan Ramadhan pula, Ryu, anak kedua saya genap 9 Tahun, di Milad nya kali ini, tidak banyak waktu bisa diluangkan mengingat sudah masuk bulan tegang dimana saya sudah mulai persiapan final untuk GIIAS 2016 : Gaikindo Indonesia Int’l Auto Show yang seperti tahun biasanya dihelat di ICE BDS, Serpong. Mei tahun ini anak-anak telah saya kecewakan dengan ingkar janji membawa mereka merayakan Starwars Day karena padatnya schedule ‘mobilisasi propaganda produk’ kantor saya di beberapa kota, ditambah suami juga yang sedang sama padatnya, dengan ‘anak didik baru’ yang butuh penanganan ekstra khusus ditambah beberapa projek lepasan yang Alhamdulillah menambah pemasukan. Suami terpikir untuk menebus kekecewaan mereka di waktu yang tidak banyak ini dengan memberi mereka tamasya alam, BOGOR adalah tujuan yang langsung terlintas dalam pikiran saya, kami sepakat memberi liburan edukatif yang tidak membuat mereka ‘kelelahan’ dan menjadikan ‘batal puasa’ dengan pemahaman bahwa milad tidak untuk dirayakan mengingat Ryu sudah masuk usia pre-teen semoga bisa dimaklumi anak-anak kami bukan hanya sebagai doktrin, tapi adalah ‘pengertian’.

img_20160612_040244.jpgSuami pilih Grand USU, kok saya bosen ya, cari yang tidak terlalu mahal tapi tidak terlalu asal-asalan, Royal Safari Garden Hotel menjadi pilihan, Kami tidak ambil yang bungalow, mengingat kami hanya satu keluarga, kami pilih Hotel dengan kamar superior, hotel yang nyaman yang berada di area Puncak dan tidak terlalu jauh dari jalan tol, kalau saja tidak bulan puasa mungkin semua fasilitas hotel kami sikat, dari HANYA 100.000/pax untuk enjoy Safari Nite, wah ini murah sekali, dan kalau kuat bisa keliling Taman Safari dengan potongan diskon sampai 40%, karena hotel ini masih satu pemilik dengan Taman Safari.

ROYAL SAFARI GARDEN
Jl. Raya Puncak No. 601,
Cisarua, Bogor, Jawa Barat
(0251) 8253000

img_20160611_091221.jpgOiya sebelumnya kesini kami sempat kunjungi Lea, sobat saya sedari tahun 2000, perkenalan kami unik, berawal dari kami dikenalkan teman kantor saya bernama Edwin yang entah sekarang dimana rimbanya, saya yang saat itu sebagai Exec. Secretary disalah satu perusahaan alat musik dan Lea dengan posisi yang sama di oil company sohor bernama SMART Tbk, menjadi teman makan siang bareng, mengingat kantor kami dekatan, teman sukaduka, dan berakhir lost contact karena kesibukan masing-masing dan jalan hidup penuh gejolak yang kami alami, saya sampai tidak hadir ke pemakaman Mommy-nya yang telah tiada beberapa tahun lalu. Suami saya mengantarkan kami ke Rumah Lea di Mandala, jumpa kangen dan senang lihat Lea walau sibuk monday to friday dikantor ternyata punya usaha buat kue, bapak mommy yang menurun padanya. Sukses ya Dear!

img_20160611_061157.jpgSuami sedari subuh sudah bilang, “ingat ya, trip kita kali ini pantang kejar setoran ya, dijalanin aja jangan kebanyakan rencana, nanti anak-anak kecapean, rusak ibadah puasanya”, saya memang suka ‘aji mumpung’ …mumpung bisa ada waktu liburan, semua urusan disikat ‘a whole package’… tabiat buruk saya yang kebiasaan ‘sekalian ini…sekalian itu…” bikin suami selalu me-warning keras sebelum beraktivitas. Edisi trip kali ini pun sangat ‘travel light’, makin besar anak-anak makin lihai kami mensiasati bawaan, sehingga ruang kabin 3 baris bisa benar-benar dimanfaatkan hanya untuk anak-anak gegoleran di baris dua dan tiga, dan saya harus selalu terjaga disamping pak supir yang sedari sahur belum tidur lagi. img_20160611_112056.jpgEnaknya jalan-jalan bukan disaat-saat ‘liburan’ itu sangat menyenangkan, kami tidak sedikitpun kena macet, padahal sudah sempat bertandang ke tempat Lea, Alhamdulillah sampai sana jam 11 dan karena bukan saat-saat ‘liburan’ jadilah officer hotel mempersilahkan kami early check in
… suami seneng banget, langsung request diblok waktu dua jam aja untuk bobo dulu. Kamar superiornya Alhamdulillah luas, anak sulung saya bertanya, kenapa kok kamarnya tidak ada AC nya, saya malah gak engeh…saya cuma bisa menjawab, karena sudah dingin makanya tidak perlu AirCon. Namanya anak-anak, ketemu kamar, cuci kaki langsung main dikasur, kalo daddynya mah gak pakai aba-aba, kelar cuci kaki langsung pasang posisi, kita leyeh-leyeh dulu menunggu adzan dzuhur sambil nonton HBO, tapi sungguh, kalau harus ke area ini lagi, saya pasti akan pilih Royal Safari Garden sebagai tempat menetap, comfy!

img_20160611_122442_hdr.jpgNamanya anak-anak ya, bosen kali lama-lama dikamar, belum celetukan si sulung yang awalnya bertanya kok tidak ada AC, eh sekarang malah minta AC nya gak bisa dikecilin ya ?
lah gimana…ini mah emang kamarnya dingin… tapi sungguh disarankan kalau bisa bawa bed cover tambahan, padahal ini siang bletek menuju jam 12, tapi makin lama nih kamar dingin banget, pengaruh ke dinding dan lantai pun semua benda yang kita pegang jadi dingin banget… bahkan niat pertama mau mandi aja jadi pupus karena airnya dingin banget dan water heater nya rada oneng, nunggu 5 menit buat hangat… akhirnya saya menemani anak-anak yang kedinginan keluar kamar, depan hotel kami di Komodo, ada Pulau Reptil, hehehe… gak usah dibahas apa isinya ya, lihat saja ekspresi anak-anak saya…duh bang, namanya juga ‘reptil island’ 🙂

img_20160611_124242.jpgDi depan Hotel walau terik tapi hawa dingin, enaknya Bogor… karena bingung mau ngapain, akhirnya kami masuk kamar lagi dan mendapati daddy tidurnya berirama …wah kecapean. Saya pun mulai oleng, sahur grasak-grusuk siapin ini itu jadi pas mulai menjelang tengah hari ini batere nya mulai low…nyegerin muka dengan berwudhu ..bukan seger lagi itu mah, saking dinginnya air pancuran, menggigil setiap rokaat solat, lepas Dzuhur, diikuti anak-anak setelah saya, saya pun mulai mengikuti jejak suami …tidur.

img_20160611_124848.jpgAlhamdulillah kok berasa dipeluk dan dicium, eh ternyata memang iya, suami sudah bangun dan bertanya udah solat belo nyenyak amat tidurnya, masa iya nyenyak sih perasaan kepala masih berkonde, trus penasaran sudah seberapa lamakah saya tidur dan anak-anak pada ngapain bertiga-tigaan selama daddy mommy nya sukses terlelap, jawabannya ternyata, si bungsu Jethro asik dengan Kereta kayu Henry dan Percy nya kalau dua abangnya asik dengan account Instagram nya masing-masing dan TV dibiarkan menyala menemani kedua orang tuanya tertidur.

img_20160611_140944.jpgAkhirnya suami mengajak kami keliling dengan berjalan kaki sepanjang area Royal Safari Garden, menuju ke Bird Park dan bermain kereta juga paddle boat dan killing time mengelilingi wahana bermain di Royal Safari Garden, Nah untuk atraksi berkereta ini sudah diduga si bungsu dijamin sulit sekali disuruh kelaran.
Alhamdulillah track railway nya panjang dan tiket nya 10.000/pax, jadilah hanya dia yang bolak-balik keliling dengan kereta, inilah lagi enaknya jalan-jalan bukan disaat liburan umumnya, mungkin nanti pas liburan sekolah atau liburan lebaran dijamin harus ngantri dulu untuk bisa naik ini. Sudah cukup berkeringat putar-putar area ini, menjelang Adzan Ashar kami kembali ke kamar, lepas solat kami dibawa daddy ke Water Park, yang berada tidak jauh dari front office dan karena sekaligus buka puasa kali ini kami harus berkendara menuju kesana. img_20160611_170440.jpgWater Park ini adalah fasilitas bermain air lumayan lengkap yang tidak terlalu besar, anak-anak kami sangat senang sekali, permainan airnya cukup lengkap, walau tidak terlalu luas tapi ini wahana yang lumayan bikin seger di detik-detik menjelang buka puasa. Untuk informasi, air kolam renangnya super dingin, tidak jauh beda dengan air di kamar hotel… brrrr.
Jethro menggigil badai tapi emang dasar anak air, tetep aja pantang udahan, daddy nya aja yang tadinya niat banget mau berenang kontan udahan di cebar-cebur sesi satu, suami saya bilang airnya dingin banget… tapi kok anak-anak kuat ya?
mungkin karena suami kurang tidur ditambah lapar kali ya, jadi gak kuat kedinginan, hehhehe… Water Park di sign board tutup jam 5, pada kenyataannya sampai jam 5.30 pun masih ramai penghuni hotel berenang.

ALHAMDULILLAH Puasa hari sabtu ini bisa diselesaikan sampai adzan maghrib, anak-anak saya tidak batal, tidak terlewat rakaat salat dan tetap bisa have fun.
Malamnya kami dikamar, nonton TV sembari persiapan untuk sahur dan marathon trip berikutnya ; Kuntum Farm Field, Kerumahnya Dinda dan Indah-Guton dan diakhiri pulang ke rumah.

img_20160612_140105.jpgKuntum Farm Field, berlokasi di Tajur, wahana edukatif yang bagi saya dan suami sangat cocok dikunjungi, sebenarnya mudah untuk kesini dari arah tempat kami menginap di Royal Safari Garden, cuma karena ada kejadian daddy lupa jalan, jadilah ada adegan sedikit nyasar… hehehe
KUNTUM FARM FIELD
Jl. Raya Tajur no.291, Bogor
Telp: 0251-8356752

Harga tiket masuk 30.000,-/anak (*anak 2 tahun sudah kena bayar) didekat lobi ada dijual pakan untuk ikan, jadi kita bisa ajak anak-anak kasih makan ikan diarea Kuntum. img_20160612_144309.jpgIkannya gendut-gendut, sekantong kecil pakan ikan dibandrol dengan harga 5.000/plastik. Yang seru lagi anak-anak disana bisa pakai topi caping, dipinjamkan secara gratis, berasa banget suasana pedesaannya.

Oiya kesini kalau bisa pakai sepatu, karena area Kuntum luas sampai lahan paling bawah, tempat menunggang kuda.

disetiap area punya cerita, setelah bergembira memberi makan ikan berupa jenisnya dan ukurannya mulai masuk ke area domba, kambing, kelinci, marmut, sapi, disana kita bisa beli susu di dot untuk domba dan ada rerumputan dan wortel untuk kelinci, pellet untuk marmut .. oiya disetiap area disetiakan wastafel ukuran anak pun sabun tangannya jadi kalau sudah kotor sekali, bisa langsung cuci tangan dan mulai ke area lainnya.

Buat yang ingin liburan edukatif mendekatkan anak pada alam, Kuntum Farm Field ini sangat cocok buat anak, tempatnya bersih, tidak bau dan jalanannya pun tidak becek, tapi memang anak-anak kecil harus benar-benar dalam pengawasan, jalan berbukit dan terjal, khawatir anak lari-larian dan tergelincir, disarankan menggunakan sepatu.

EXPLORE BOGOR sampai gempor, hehehhe…tagline yang tepat untuk wisata marathon kami kali ini, lepas berbuka puasa di Rumah Makan ala ala saung GURIH 7 yang ayam bakar dan sambal terasinya TOP pake banget dan harganya itu loh bersahabat, kami langsung ngacir bertandang kerumah Dinda di Cimanggu City Residence dan Indah-Guton di duh dimana ya lupa 🙂

2 thoughts on “Explore BOGOR !

1. […] Sepertinya arah Bogor akan jadi alternatif liburan Idul Fitri tahun 2016 ini, setelah sukses ‘liburan kilat : Explore BOGOR‘ medio Juni kemarin, sepertinya kami akan mengulang suksesnya. Atau mungkin Bandung, […]

2. […] Sepertinya arah Bogor akan jadi alternatif liburan Idul Fitri tahun 2016 ini, setelah sukses ‘liburan kilat : Explore BOGOR‘ medio Juni kemarin, sepertinya kami akan mengulang suksesnya. Atau mungkin Bandung, […]